Profil Lulusan

Dalam perjalanan pengabdiannya mendidik generasi bangsa, program studi Pendidikan Bahasa Inggris UMKT telah menerapkan materi kuliah yang berbasis teknologi yang memiliki kompetensi dimana diselaraskan dengan kebutuhan dunia kerja saat ini sehingga lulusan yang dihasilkan akan banyak diserap oleh para stakeholder di instansi pemerintah maupun pihak swasta yang berada di dalam maupun luar negeri.

Kompetensi Utama

  1. Calon guru Bahasa Inggris. Pendidik, fasilitator pembelajaran kreatif, inovatif yang mendidik penguasaan keterampilan berbahasa inggris yang baik, memiliki kemampuan menggunkan teknologi informasi untuk mengikuti perkembangan bahasa inggris dan pembelajarannya, berjiwa pancasila, memiliki jiwa kepemimpinan, serta memiliki potensi melanjutkan ke pendidikan profesi sehingga menjadi guru profesional dan mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi baik bidang pendidikan maupun kebahasaan dan sastra.
  2. Asisten Peneliti. Pengkaji permasalahan pendidikan Bahasa Inggris maupun aspek linguistik dan sastra inggris dan mempublikasikan hasilnya dalam forum ilmiah, berjiwa pancasila, dengan didukung kemampuan bahasa inggris dan penguasaan teknologi informasi, serta memiliki potensi melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi yang linear dengan bidang penelitiannya.
  3. Wirausahawan bidang pendidikan bahasa inggris. Mampu berusaha sendiri maupun bekerjasama dengan oranglain untuk menghasilkan produk dan jasa yang berhubungan dengan kependidikan seperti menyelenggarakan lembaga pendidikan, menghasilkan bahan ajar maupun media pendidikan.

Kompetensi pendukung

  1. Penerjemah. Mampu menerapkan pengetahuan tentang penerjemahan dan keterampilan bahasa inggrisnya dibidang penerjemahan maupun kajian penerjemahan.
  2. Menjadi insan jurnalistik. Wartawan, pembaca berita, penyiar yang mempu menjalankan tugasnya dalam bidang tersebut dengan didukung oleh kemampuan berkomunikasi dalam bahasa inggris.
  3. Menjadi pemandu wisata/ insan perhotelan yang mampu menjalankan tugasnya dalam bidang tersebut dengan didukung oleh kamampuan berkomunikasi dalam bahasa inggris.