Kuliah Umum “Tantangan Pendidikan Di Era Digital”

Fakultas Ilmu keguruan dan Ilm Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Pada 20 september 2018 menyelenggakan Kuliah umum dengan narasumber ialah Dr. Sudarman,M.Pd yang membahas mengenai “Tantangan Pendidikan di era digital” yang mana kegiatan ini juga dihadiri oleh seluruh mahasiswa Pendidikan olahraga dan Pendidikan Bahasa Inggris serta pula Dekan Fakultas KIP yaitu Prof.Harun yang juga berbagi kisah mengenai dunia Pendidikan yang beliau geluti lebih dari 30 tahun lamanya. Dalam kisah beliau menyampaikan bahwa beliau termasuk generasi Baby boomer yaitu sebutan bagi seseorang yang lahir di tahun 1946-1964.

Menyambung cerita dari Dekan FKIP, Dr. Sudarman mengungkapkan bahwa memang benar ada beberapa nama generasi yang dikenal di dunia yang dimana dalam perjalanan populasi abad 21 di dunia dikenal sejumlah kelompok generasi yang menentukan karakter sebuah masa. Dimulai dari sebutan generasi Baby Boomer bagi generasi kelahiran tahun 1946–1964. Fase generasi berlanjut ke sebutan Generasi X. Kelompok ini lahir tahun 1965–1980. Tahun-tahun ketika generasi itu lahir merupakan awal dari penggunaan PC (personal computer), video games, TV kabel, dan internet.

Beranjak ke Generasi Y lahir tahun 1981–1994. Dikenal dengan sebutan generasi milenial atau milenium.Generasi ini banyak menggunakan teknologi komunikasi instan seperti email, SMS, instant messaging dan media sosial seperti facebook dan twitter. Mereka juga suka main game online. Pada tahun 1995–2010 lahir Generasi Z. Disebut juga i-Generation, generasi net atau generasi internet.Sejak kecil mereka sudah mengenal teknologi dan akrab dengan gadget canggih, yang secara tidak langsung berpengaruh terhadap kepribadian mereka.

Dr. Sudarman menekankan bahwa belajar saat ini adalah belajar tentang masa depan. Belajar dalam konsep 2.0 maupun 4.0 dst,  Pendidikan harus diselenggarakan sejalan dengan tuntutan  belajar untuk dan tentang masa depan. Daya kompetitif dalam ekonomi global bergantung pada pembelajaran dan pendidikan yang inovatif dan kreatif.